Rabu, 09 Januari 2008

Pepino (Solanum muricatum Aiton)


Kenalkah anda dengan buah ini ?
Sebagian besar pasti belum mengenalnya.
Pepino (Solanum muricatum Aiton), adalah buah yang masih satu famili dengan keluarga terong. Di Indonesia buah ini pertama kali di datangkan pada masa penjajahan Belanda.
Rasa buah ini agak aneh. Manis tidak, asam bukan, anyep (tanpa rasa) juga tidak. Seperti buah belum masak tapi dari jenis yang tak layak rujak.
Tapi khasiatnya sangat luar biasa. buah ini sangat berguna untuk penderita kencing manis/diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, maag/gangguan pencernaan lainnya, kanker, ginjal, sembilit, dan wasir.
Penggunaannya harus rutin untuk penderita penyakit yang disebutkan diatas untuk hasil yang optimal.

Kandungan yang terdapat dalam 100 gram Pepino
Setiap 100 g pepino mengandung vitamin C 25.1 mg, protein 0.6 g, betakaroten 26.6 mg dan asam 79.3 mg.
Pembibitan dilakukan dengan cara vegetatif. Tunas-tunas yang sudah ada calon akarnya, dipisah dalam polybag dan diperlakukan khusus. Perawatannya pun cenderung mudah, tak terlalu banyak memerlukan air. Musuh utama tanaman ini adalah ulat dan belalang pemakan daun.
Setelah masa tanam 1 bulan, bunga akan tumbuh. Tiga atau 4 bulan kemudian, dilakukan panen pertama. Buahnya ada dua jenis yaitu berwarna putih bersih dan berwarna ungu, buah yang matang baunya harum (seperti melon).
Sayangnya usia tanaman buah pepino ini, tak bertahan lama. Setelah mencapai 1 tahun, harus diganti dengan bibit baru.
Pepino dapat tumbuh subur dan berkembang dengan baik pada dataran tinggi, dan dapat juga tumbuh pada dataran rendah dengan perlakukan khusus.

1 komentar:

WebMaster@2011 mengatakan...

kasih shoutbox donk buat buku tamu. biar ada comment gitu loh! jangan lupa mampir ke blogku http://hadihartono.tk
http://mulaibisnis.tk
http://indonesianpolitical.tk
http://evenorganizer.tk